Open top menu
Kamis, 15 Desember 2011


Melihat si kecil lancar bicara, tentunya membuat hati kita sebagai orang tua merasa senang sekali. Agar anak bisa lancar berkomunikasi perlu dilatih dan kita sebagai orang tua harus membantunya. Ada beberapa tips untuk mengembangkan kemampuan anak untuk berbicara dengan lancar:

- Yang pertama dilakukan adalah selalu mengajak si kecil berbicara dengan kontak mata. Cara ini sangat bagus sekali, karena melalui kontak mata , anak merasa bahwa Anda mendengarkan apa yang diutarakannya. Latihlah hal ini agar komunikasi dengan anak selalu baik.

- Ajaklah anak bicara dengan santai, dan berkesan tidak terburu-buru. Hal ini bisa membuat anak juga merasa santai.

- Selalu mendengarkan apa yang diucapkannya. Hindari untuk menyambung setiap perkataan anak yang tidak terselesaikan. Biarkan dia terbiasa untuk menyelesaikan ucapannya. Hal ini agar si anak terampil dalam berbicara.

- Biasakan untuk berbicara secara bergantian dengan si anak. dan contohkan hal ini dalam kehidupan sehari-hari sewaktu Anda berbicara dengan anggota keluarga yang sudah dewasa.

- Untuk mengasah keinginannya menjawab, biasakan menggunakan bahasa pertanyaan yang lembut dan tidak berentetan. Misalnya, Doni, ini warna apa ya? kamus suka ini, dan seterusnya. Hal ini agar si anak tidak bingung untuk menjawab.

- Pancing si anak untuk menjawab pertanyaan berupa isian, misalnya "Kita lagi ada di...."

Dengan tips diatas semoga bisa membuka komunikasi yang lancar antara anak dan orang tua. Kalo kurang silahkan di tambahkan. (wk)
Different Themes
Written by Lovely

Aenean quis feugiat elit. Quisque ultricies sollicitudin ante ut venenatis. Nulla dapibus placerat faucibus. Aenean quis leo non neque ultrices scelerisque. Nullam nec vulputate velit. Etiam fermentum turpis at magna tristique interdum.

0 komentar